google.com, pub-1287767171526040, DIRECT, f08c47fec0942fa0 AS vs Jerman: Pertemuan Kembali Klinsmann dengan Loew google.com, pub-1287767171526040, DIRECT, f08c47fec0942fa0 -->

AS vs Jerman: Pertemuan Kembali Klinsmann dengan Loew

Senin, 23 Juni 2014, 02.20
>

Jakarta - Amerika Serikat (AS) dan Jerman akan saling berhadapan di laga terakhir Grup G. Pertandingan yang turut mempertemukan kembali para pelatihnya Juergen Klinsmann dengan Joachim Loew.

AS gagal memastikan tempat di babak 16 Besar setelah dipaksa bermain imbang 2-2 melawan Portugal pada pertandingan yang tuntas pagi ini. Satu angka menjadikan The Yanks mengumpulkan empat poin, sama dengan Jerman yang menduduki posisi teratas grup karena unggul selisih gol.

Ini artinya, baik AS dan Jerman hanya bermain imbang untuk lolos sekaligus memulangkan Ghana dan Portugal yang akan saling bertarung di pertandingan lainnya.

Akan tetapi, AS dan Jerman akan sama-sama ngotot untuk mengamankan posisi juara grup demi memperoleh lawan yang dianggap lebih mudah di babak berikutnya. Sorotan turut mengarah kepada Klinsmann dan Loew, dua pelatih yang merupakan sahabat karib.

"Jadi, kami akan bertemu dengan kawan lama. Ini sudah menjadi sesuatu yang spesial dengan adanya AS di grup kami," kata Loew di awal turnamen.

"Juergen dan saya adalah memiliki hubungan yang sangat baik dan sangat dekat dalam waktu yang lama. Kami selalu bertukar ide secara rutin, tapi itu sudah tentu akan berubah sebelum pertandingan di Piala Dunia."

Hubungan baik Klinsmann dan Loew mulai terjalin setelah keduanya saling mengenal saat sama-sama menimba ilmu di sebuah sekolah pelatihan. Pada Juli 2004, Klinsmann ditunjuk menjadi pelatih timnas Jerman, menggantikan Rudi Voeller.

Ketika itu, Loew tak memiliki pekerjaan setelah klub terakhir yang dilatihnya, Tirol Innsbruck jatuh bangkrut. Lalu datanglah Klinsmann yang menawarkan Loew sebagai assistennya di timnas.


Klinsmann yang berpengaruh dan karismatik didukung oleh Loew yang jitu mengutak-atik strategi berbuah manis bagi Die Mannschaft. Kolaborasi Klinsmann-Loew berujung sukses bagi Jerman di Piala Konfederasi 2005 dan Piala Dunia 2006 (finis ketiga).


Piala Dunia itu menjadi yang terakhir bagi Klinsmann dan Loew bekerja sama. Seusai turnamen, Klinsmann memutuskan tidak memperpanjang kontraknya sehingga Loew diangkat sebagai penggantinya untuk menangani Philipp Lahm dkk. hingga sekarang.

Klinsmann melanjutkan kariernya dengan menjadi pelatih Bayern Munich di 2008. Pria yang kini berusia 49 tahun itu hanya sembilan bulan di Bavaria sebelum dipecat. Pada 2011, Klinsmann kembali melatih dengan bergabung timnas AS.

Setelah melalui jalan yang berbeda, Klinsmann dan Loew sempat bertemu di sebuah laga ujicoba yang menangi AS 4-3 pada Juni 2013. Keduanya kini untuk pertama kalinya saling berhadapan di sebuh laga kompetitif saat AS berjumpa Jerman di Arena Pernambuco, Kamis (26/6) nanti.

TerPopuler